Penggunaan Mail Merge dalam pembuatan sertifikat massal
Assalamu'alaikum wr. wb
Kali ini saya akan membuat toturial bagaimana sih cara penggunaan mail merge pada pembuatan sertifikat massal?
Pasti anda sudah tau apa itu setifikat, fungsi sertifikat, dan mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui bagaimana cara membuat sertifikat. Tapi, bagaimana jika membuat sertifikat massal? apakah anda tau?

Dalam pembuatan sertifikat massal, kita dapat menggunakan Mail Merge pada menu Mailings. Mail Merge dapat membantu dalam pembuatan surat massal ataupun sertifikat massal (hal yang bersifat banyak atau massal) dalam segi waktu dan tenaga. Karena jika kita menggunakan Mail Merge kita cukup menyisipkan data yang telah kita buat di Ms. Excel ke data Ms. word sehingga kita tidak perlu mengulang membuat sertifikat yang baru dengan atas nama atau data yang berbeda pada kerja lembar baru.
Oke langsung saja, berikut cara penggunaan Mail Merge pada pembuatan sertifikat massal :
1. Siapkan data pada Ms. Excel dan data sertifikat pada Ms. Word

2. Setelah siap, pilih menu Mailings, lalu pilih Select Recipients kemudian pilih use an Existing list
3. pilih data Ms. Excel yang akan di merge, klik open
4. Setelah itu, pada menu Mailings, pilih Insert Merge Field kemudian posisikan dengan benar sesuai dengan point nya.
5. Agar dapat melihat hasil mergenya pilih Preview Results. Maka dapat diperoleh seperti gambar ini
6. Untuk menggeser hasil merge yang lainnya klik tombol seperti gambar
Oke itu tadi tutorial penggunaan mail merge dalam pembuatan sertifikat massal dari saya, kurang atau lebihnya saya mohon maaf karena saya masih belajar 😊
Sekian terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr. wb
Komentar
Posting Komentar